Kazefuri Back Up

Industri Anime berjuang setelah insiden Pembakaran Kyoto Animation

Diposting oleh Admin Rilis hari Juli 20, 2019

Industri anime sedang berjuang untuk mengatasi kerugian manusia dan material dari serangan pembakaran pada hari Kamis kemarin yang terlihat jelas pada perusahaan produksi animasi Kyoto Animation, yang telah menewaskan sedikitnya 34 orang. Penyelidik mulai memeriksa gedung Studio No. 1 yang terbakar pada hari Jumat, tak lama setelah petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa api telah padam sepenuhnya pada pukul 6:20 waktu setempat. 

Selain kehilangan manusia, semua gambar animasi yang sudah lama dan bahan-bahan produksi, termasuk komputer dan perangkat penyimpanan elektronik, hancur pada saat kebakaran. "Kerugian moneter? Sangat besar," kata presiden Kyoto Animatiom, Hideaki Hatta dalam sebuah wawancara dengan media Jepang pada Jumat pagi, setelah pemeriksaan bangunan. "Kami belum tahu detail lengkapnya."

Polisi mulai mengizinkan awak media untuk mendekati gedung studio yang hangus untuk pertama kalinya pada hari Jumat, memungkinkan melihat lebih dekat setelah kebakaran. Majalah Shukan Bunshun menerbitkan foto yang menunjukkan ilustrasi yang tampaknya secara ajaib selamat dari kobaran api dan masih disematkan pada papan gabus.


Karena produksi anime melibatkan banyak anggota staf untuk membuat gambar dan seni, beberapa orang di industri khawatir kalau kerugiannya akan memengaruhi produksi di tahun-tahun mendatang. "Proses produksi menjadi sangat sulit bahkan ketika salah satu staf hilang. Seluruh studio terbakar. Mungkin sulit untuk melanjutkan produksi animasi seperti sekarang," kata direktur perusahaan Mushi Production, Toshiyuki Morii dalam sebuah wawancara dengan Koran Asahi Shimbun. Perusahaan ini sebelumnya telah mengontrak Kyoto Animation untuk pekerjaan animasi.

Perusahaan produksi film, Shochiku, yang mendistribusikan film-film yang dibuat oleh Kyoto Animation, dikatakan mempertimbangkan untuk menunda tanggal rilis dari rilis studio mendatang. Namun, seorang perwakilan Shochiku mengatakan di surat kabar Sankei Shimbun pada hari Kamis bahwa departemen anime perusahaan masih "melihat situasi" dan belum membuat keputusan saat ini. Shochiku saat ini diperkirakan akan merilis Violet Evergarden Gaiden pada 6 September, Violet Evergarden Movie pada 10 Januari, dan Free! movie nanti pada tahun 2020.

Rilisan terbaru Kyoto Animation, Free!: Road to the World - Yume, mulai diputar pada 5 Juli. Banyak orang di Jepang telah berupaya menonton pemutaran film sebagai bentuk dukungan untuk studio. Data Box Office menunjukkan bahwa penjualan tiket satu hari pada hari Kamis naik 27,1% dibandingkan hari yang sama minggu lalu, sedangkan penjualan tiket satu hari pada hari Jumat naik 12,7%.

Penyiar umum NHK mewawancarai seorang wanita berusia 50-an, yang adalah penggemar karya-karya studio, setelah pemutaran di Shinjuku. "Saya membuat reservasi sebelum kebakaran, jadi saya tidak pernah berharap sesuatu seperti ini akan terjadi. Saya menangis sepanjang film dan tidak bisa melihat layar dengan baik," katanya. "Ketika kredit staf mulai bergulir pada akhirnya, saya menjadi sangat khawatir dan berharap semuanya aman. Yang lain juga menangis."

Di seluruh negeri, kota-kota yang digunakan sebagai latar judul anime Kyoto Animation menunjukkan solidaritas mereka dalam mendukung upaya pembangunan kembali. Pejabat kota di Ogaki, Prefektur Gifu, yang digunakan sebagai latar Koe no Katachi (A Silent Voice), telah menyiapkan kotak sumbangan, sementara Toyosato di Prefektur Shiga telah mendirikan stan bunga di bekas sekolah dasar yang digunakan di anime K-On!. Di Takayama, Prefektur Gifu, kepala perpustakaan kota memuji studio dengan peningkatan pariwisata karena anime Hyouka.

Ketika ditanya tentang prospek membuka kembali gedung studio, Hatta berkata, "Kami akan memikirkannya. Pertama, kami akan mempertimbangkan perasaan (dari anggota staf yang tersisa), dan kemudian kami akan melakukan yang terbaik sesuai dengan tekad semua orang. " Mengenai karya-karya yang saat ini sedang diproduksi, "Kami ingin melepaskannya ke publik sambil mempertimbangkan perasaan staf," Hatta menegaskan.

"Saya benar-benar percaya pada kekuatan para staf," kata wanita yang diwawancarai oleh NHK. "Saya tidak ingin perusahaan ini menghilang karena kejadian ini."



Related Post

Previous
Next Post »

Tidak ada komentar